3 Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Ngeblog Karena Nulis atau Duit

Kegiatan blog saat ini bukan hal yang asing lagi. Apalagi jika kalian punya hobi menulis, saya sarankan untuk membuat blog. Kenapa? Karena hobi jika ditekuni bisa menjadi sumber penghasilan, selain itu karena yang dilakukan adalah hobi maka tidak menjadi beban. Membuat blog tidak mengharuskan seseorang mempunyai keahlian web programming atau desain web. Tersedia banyak pilihan platform blogging mulai dari yang gratis dan berbayar. Tinggal pilih mana yang kalian sukai.

2 platform yang populer saat ini adalah Blogger.com dan WordPress. Seperti yang sudah umum diketahui, Blogger atau Blogspot ini dimiliki oleh Google. Platform ini banyak diminati karena gratis dan cukup mudah untuk digunakan, banyak blogger Indonesia yang menggunakan blogspot sebagai blog pertamanya dan banyak juga yang akhirnya menggunakan custom domain supaya blognya tampil lebih unik.

Sedangkan WordPress sendiri terbagi menjadi 2 pilihan. Ada WordPress.com yang hampir mirip dengan layanan Blogger dari Google. Yang kedua adalah WordPress.org yang penggunanya sangat banyak di seluruh dunia, bahkan disebut-sebut sebagai CMS yang paling banyak digunakan. Blog ini sendiri menggunakan WordPress sebagai platfornya atau mesinnya. Berbeda dengan 2 platform diatas Blogger dan WordPress.com, dengan menggunakan WordPress.org ini para blogger mempunyai kebebasan untuk mendesain dan membuat blog mereka tanpa dibatasi oleh sistem. Hal ini karena untuk menggunakan WordPress.org kita harus menyediakan nama domain dan hosting sendiri. Sebagai contoh, salah satu blog influencer yang saya kelola menggunakan domain luar negeri yang cukup mahal tetapi namanya unik dan saya suka.

Bagi yang masih sangat awam dengan dunia blog mungkin akan kesulitan jika harus langsung mencoba install WordPress sendiri. Tetapi saat ini ada banyak fitur yang diciptakan khusus untuk menginstall WordPress dengan satu klik saja. Fitur ini bisa kita dapati di hosting dengan nama Softaculous atau Fantastico. Urusan desain blog juga teman-teman blogger tidak perlu khawatir, ada banyak sekali pilihan tema yang bisa digunakan secara gratis. Dan tampilan desainnya juga menarik lho tidak kalah dengan desain berbayar.

Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Setiap hobi pasti membutuhkan biaya tidak terkecuali hobi ngeblog. Kalaupun kalian memilih blogger.com atau wordpress.com yang gratis. Tetap saja kalian akan membutuhkan biaya untuk membeli paket data atau ke warnet jika belum punya laptop/komputer sendiri. Apalagi blogger yang sudah menggunakan domain sendiri pasti biayanya lebih besar lagi. Nah dari sinilah kita sebagai blogger harus pintar memanfaatkan hobi menulis di blog ini menjadi sumber penghasilan.

1. Ikut Program Afiliasi

Cara kerja program ini sederhana. Kita mengulas sebuah produk misalnya smartphone terbaru dalam bentuk artikel atau video. Lalu di dalam artikel tersebut kita sisipkan link yang mengarah ke toko online produknya. Darimana penghasilannya? Nah dari setiap orang yang mengklik link tadi dan melakukan pembelian maka kita akan mendapatkan komisi. Untuk bergabung ke program afiliasi ini tentu kita harus membuat blog yang sudah terisi konten paling tidak 10 artikel.

2. Google AdSense

Kalau yang ini saya yakin banyak yang sering mendengarnya. Program ini lebih mudah daripada afiliasi di atas tadi karena cara kerjanya adalah jika ada orang yang mengklik iklan AdSense maka kita akan mendapatkan uang. Ya jumlahnya memang kecil tapi kalau ada ratusan orang yang mengkliknya maka jumlahnya jadi banyak. Untuk bisa sukses dari program Google AdSense ini teman-teman blogger harus belajar namanya SEO untuk bisa menjaring banyak pengunjung dari Google. Prinsipnya semakin ramai blognya maka semakin banyak penghasilan yang bisa didapatkan dari Google AdSense.

3. Artikel Berbayar

Sering juga disebut paid review atau content placement. Ya intinya adalah pengiklan memberikan kita sebuah artikel yang berisi link ke website mereka. Tugas kita sebagai blogger sangat mudah, hanya tinggal mempublikasikan ke blog dengan sedikit penyesuaian. Atau bisa juga pengiklan meminta kita membuat artikel yang mengulas produk atau website mereka dengan memberikan topik tertentu.

Leave a Reply