4 Hal yang Bikin Malas ngeblog versi KiGoobe

Ngeblog Karena Nulis atau Duit

Malas, sepertinya hampir semua manusia pasti pernah merasakannya. Kalau ga pernah merasa malas bisa dipastikan dia bukan manusia, hiii terus apa? Jin? 😀 Tapi setiap orang punya cara yang berbeda menghadapi rasa malas, ada yang kalah sama rasa malasnya, ada juga yang melawan rasa malasnya. Begitu juga ngeblog pasti suatu saat akan terkena rasa malas. Ini 4 hal yang bikin malas ngeblog versi KiGoobe.

1. Bingung Mau Nulis Apa
Nah ini penyebab pertama yang bikin malas ngeblog karena kehabisan ide atau topik. Untuk mengatasinya coba browsing atau jalan-jalan ke blog orang lain, terkadang disana kita mendapatkan ide segar untuk dijadikan bahan tulisan. Atau bisa juga lihat tulisan kita yang lama dan apakah perlu improvisasi.

2. Koneksi Internet Lambat
Ide untuk bahan tulisan sudah menumpuk, kata-kata sudah terangkai di notepad eh begitu mau login dashboard WordPress ga bisa dibuka. Hm..tidak ada solusi untuk masalah ini kecuali pasang internet fiber yang jauh lebih stabil daripada internet mobile hehe. Apalagi kalau gangguannya cukup lama, ah makin males buka blog. Untuk mengatasi rasa malas karena koneksi bermasalah sih bisa dengan menulis terlebih dahulu di notepad atau aplikasi office.

3. Blog Tidak Kunjung Menghasilkan
Entahlah, ini cuma menimpa saya saja atau blogger lain juga begitu. Tapi kalau saya agak menurun semangatnya ketika blog-blog yang saya kelola tidak menghasilkan duit sesuai harapan. Untuk mengembalikan semangat tipsnya cuma satu, yakin kalau Allah subhanahu wa ta’ala telah menjamin rezeki saya. Kalau mengingat itu hati saya agak lega dan bisa semangat menulis lagi 😀

4. Peralatan Ngeblog Bermasalah
Kalau ini…agak susah mengatasinya karena urusannya ke peralatan yang memang pasti digunakan untuk ngeblog sih. Misalnya dulu laptop saya bermasalah layarnya rusak tiba-tiba mati begitu saja, alhamdulillah waktu itu ada rezeki lebih langsung saya beli LCD monitor saja daripada servis layar laptopnya pasti lama dan saya ga bisa apa-apa di rumah. Kalau lagi ga punya duit gimana? Ya..gimana lagi, kalau rusaknya cuma mouse atau keyboard mungkin ringan. Tapi kalau rusaknya seperti layar laptop atau yang lebih parah, mungkin ngeblognya sementara di warnet hee makin males deh.

Selain 4 hal diatas apalagi yang membuat malas ngeblog?