Berolahraga kini menjadi sebagian dari gaya hidup. Sebagai jam tangan pintar dengan berbagai fungsi, smartwatch Garmin menjadi salah satu gawai yang penting untuk menunjang aktivitas olahraga. Selain itu, ada beberapa gawai yang dapat mendukung olahraga sehingga menjadi lebih menyenangkan.

1. Jam Tangan Pintar

Jam tangan pintar memiliki fitur yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Fitur jam tangan pintar antara lain pemutar musik, tahan air, barometrik altimeter, pengukur tingkat stres, hingga GPS. Selain terlihat lebih bergaya, jam tangan pintar serupa dengan smartwatch Garmin mampu membantu kamu menghitung langkah, memantau detak jantung dan merekam perkembangan program olahraga yang sedang kamu lakukan.

2. Earphone

sumber : Shopee.co.id

Earphone yang dibekali dengan pemutar mp3 memberikan sensasi berbeda ketika berolahraga. Dengan memutar musik kesukaanmu, olahraga pun tidak lagi terasa berat. Untuk earphone biasa tanpa pemutar mp3, kamu dapat memilih earphone nirkabel dengan bentuk yang ergonomis agar nyaman ketika digunakan dan tidak terganggu dengan kabel yang menjuntai. Pilih juga earphone yang tahan air agar tidak mudah rusak karena terkena hujan, percikan air, atau keringat.

Namun, tidak jadi masalah jika kamu memilih earphone biasa yang menggunakan kabel. Pilihlah earphone yang memiliki pengatur volume dan tombol penerima panggilan telepon. Posisikan handphone atau mp3 player dengan baik agar tidak terjatuh ketika kamu berlari. Pastikan juga posisi kabel tidak mengganggu gerakanmu ketika berolahraga.

3. Kamera Sport



sumber : Shopee.co.id

Olahraga dapat menjadi lebih menyenangkan jika dilakukan sambil merekam atau berfoto dengan sudut pengambilan yang tidak biasa. Pengambilan gambar atau video dari berbagai arah bisa dilakukan dengan kamera sport. Kamu bisa menggunakan kamera ini ketika berenang, bersepeda, memanjat tebing, atau menyelam.

Kamera sport yang bagus memiliki kecepatan burst yang tinggi sehingga kinerja kamera pun sangat cepat. Kamera jenis ini juga dapat menampilkan hasil maksimal meski dalam situasi kurang cahaya atau intensitas cahaya tinggi. Kamu juga tidak harus mempunyai keterampilan memotret tingkat tinggi untuk menggunakan kamera sport karena gambarnya tetap akan bagus dimana pun dan bagaimanapun kamu mengambil gambar.

4. Kacamata Pintar

Berolahraga di luar ruangan terutama saat siang hari memerlukan pelindung mata agar tidak silau. Selain menggunakan kacamata hitam biasa, kamu dapat memilih kacamata pintar yang saat ini tersedia di pasaran. Kacamata pintar memiliki fitur Bluetooth yang memungkinkan kamu dapat mendengarkan musik, menerima panggilan, dan menerima notifikasi dari smartphone.

Kamu juga dapat menggantikan lensa dengan lensa yang sesuai dengan kondisi mata. Ada juga kacamata pintar yang memiliki fitur kamera yang mampu menyiarkan aktivitasmu secara langsung ke media sosial.

5. Headband Relaksasi

Sulit berkonsentrasi? Kamu dapat menggunakan headband khusus untuk relaksasi dan membantu meningkatkan konsentrasi. Headband ini sangat cocok untuk dipakai ketika yoga atau bermeditasi. Dilengkapi dengan sensor khusus, headband dapat bekerja merangsang otak untuk santai.

Sensor tersebut ditempatkan pada bagian dahi dan belakang telinga. Kamu dapat melihat kinerja otak melalui layar smartphone atau tablet.

Tak hanya smartwatch Garmin, masih ada gawai lain yang dapat mendukung olahraga. Dengan memiliki gawai di atas, kamu dapat memantau perkembangan yang sudah dilakukan. Selain itu, olahraga pun menjadi lebih menyenangkan. Akan tetapi, tetaplah bijak dalam membeli, utamakan kebutuhan daripada hanya mengikuti trend semata.