Agar Tidak Salah Langkah, Coba Strategi Marketing Ini Untuk Mengelola Supermarket

Menjalankan sebuah bisnis di negara Indonesia memiliki peluang yang cukup besar. Faktor utama yang menjadi pendukung berkembangnya bisnis di negara ini adalah jumlah populasi dan daya beli masyarakat yang semakin meningkat. Tidak heran hampir seluruh jenis bisnis bisa tumbuh, salah satunya adalah bisnis ritel seperti supermarket.

Walaupun bisnis ritel memiliki banyak sekali pesaing, namun potensi besar masih ditawarkan untuk area yang tidak memiliki warung tradisional. Ditambah lagi warung tradisional biasanya tidak memiliki produk-produk lengkap layaknya supermarket.

Sayangnya tidak semua pebisnis memiliki kemampuan untuk mengelola supermarket sehingga menyebabkan bisnis tersebut gulung tikar.

Maksimalkan Kampanye Media Sosial

Sudah bukan rahasia lagi bahwa dunia media sosial adalah senjata terdepan utnuk meningkatkan brand usaha. Sebagai seorang pebisnis, Anda tidak boleh ketinggalan tren yang sedang berlaku, bahkan walaupun anda adalah supermarket baru. Buatlah laman Facebook, Instagram, ataupun Twitter.

Supermarket dapat memasarkan produk mereka dengan sangat baik pada platform media sosial. Memiliki akun Instagram yang berbasis gambar dapat sangat bermanfaat dalam mempromosikan barang-barang Anda. Media sosial juga dapat menjadi wadah untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda

Sampel Gratis

Produk makanan, kosmetik, dan skincare seringkali menerapkan sistem seperti ini. Jika Anda mengunjungi drugstore modern, biasanya ada sampel produk misalnya bedak padat sebagai tester digunakan di wajah.

Jika Anda sering pergi ke supermarket, pasti sering menemukan beberapa sampel gratis yang dapat dicoba untuk melihat kualitas dari produk yang dijual. Strategi ini bisa Anda lakukan pada produk yang memiliki penjualan rendah. Mengapa begitu?

Ketika sebuah produk memiliki penjualan rendah maka perlu adanya pembuktian kualitas produk kepada pelanggan. Caranya adalah memberikan sampel gratis sehingga mereka yakin bahwa produk yang dibeli memiliki kualitas yang baik.

Diskon

Seperti yang disebutkan di atas, untuk beberapa produk Anda bisa menerapkan strategi diskon. Tak disangkal kalau semua pembeli pastinya menyukai diskon. Diskon ini bisa Anda tawarkan dengan berbagai cara, misalnya saja bundle seperti yang dicontohkan di atas.

Atau dengan membangun kerjasama dengan beberapa perusahaan pembayaran seperti Gopay, OVO, T-Cash, Linkaja, dan masih banyak lagi. Dengan ini promosi yang dilakukan juga tidak 100% ditanggung oleh perusahaan Anda tetapi juga perusahaan mitra.

Sejumlah supermarket sudah menerapkan metode ini untuk mendapatkan pelanggan. Diskon bisa Anda tawarkan dalam waktu yang terbatas serta jumlah yang cukup besar. Apalagi sekarang sudah ada teknologi software dan perangkat retail POS, yaitu sistem manajemen retail mulai dari kasir, order, pembayaran, hingga inventory.

Kupon Loyalitas

Banyak supermarket dan merchant yang sudah menggunakan metode ini untuk menarik pelanggan. Kupon loyalitas adalah kartu yang dapat ditukarkan dengan sebuah hadiah apabila pelanggan terus berbelanja di supermarket Anda. Dewasa ini banyak supermarket yang telah mendigitalkan kuponnya di dalam sebuah aplikasi atau kartu yang kemudian di scan.

Itulah beberapa daftar metode untuk mengelola toko atau supermarket. Metode ini adalah sebuah dasar untuk meningkatkan keinginan pelanggan untuk datang dan membeli di supermarket Anda. Dibalik strategi ini, Anda juga bisa menerapkan beberapa strategi tradisional seperti menerbitkan katalog dan juga menyebarkannya kepada masyarakat. Strategi pemasaran akan bergantung pada sifat pasar itu sendiri, jadi sebelum memutuskan ada baiknya Anda sudah menganalisa perilaku masyarakat di sekitar Anda.