Usia memang tidak bisa bohong, Anda yang mati-matian berusaha menutupinya akan merasa jengkel jika tiba-tiba muncul uban yang tidak Anda harapkan. Tetapi jangan khawatir ada banyak cara untuk mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi. Salah satunya dengan memakai bahan-bahan alami.

Rambut hitam yang sehat untuk sebagian orang yang sudah lanjut usia memang menjadi dambaan tersendiri, hal ini karena biasanya kondisi rambut mereka semakin memutih atau beruban. Tetapi, kenyataannya tidak sedikit pula orang yang masih muda justru tumbuh uban di kepalanya.

Sebagai informasi uban merupakan tanda yang menunjukkan bahwa tubuh sudah tidak lagi memproduksi melanin atau pigmen warna pada rambut. Kondisi ini biasa terjadi pada usia seseorang yang menginjak usia 40 tahun ke atas. Akan tetapi, banyak juga anak muda sekarang ini yang sudah muncul uban. Tentu saja hal tersebut menjadi sesuatu yang membuat rasa percaya diri makin berkurang, terutama dalam hal penampilan.

Karena hal tersebut, ada beberapa cara mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi dengan langkah mudah dan menggunakan bahan alami. Sehingga, resiko yang berdampak pada tubuh semakin sedikit dan tentunya tidak perlu menguras dompet. Dikutip dari harapanrakyat.com, berikut cara-cara untuk mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi:

Gunakan Campuran Minyak Kelapa dan Lemon untuk Mengatasi Uban ‘Bandel’

Campuran antara lemon dan minyak kelapa ternyata memiliki manfaat agar rambut beruban bisa kembali menjadi hitam. Kedua bahan ini merupakan bahan alami yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar.

Untuk mengambil manfaat dari campuran lemon dan minyak kelapa untuk mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi, Anda bisa memeras lemon terlebih dahulu, setelah itu ambil airnya. Kemudian, siapkan 5 sendok minyak kelapa atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jika kedua bahan sudah siap, selanjutnya, campurkan keduanya sampai benar-benar merata. Barulah Anda bisa menggunakan campuran lemon dan minyak kelapa ini untuk dioleskan pada rambut. Jangan lupa untuk mengoleskannya sehabis keramas ya!.

Ketika Anda mengoleskan campuran minyak kelapa dan lemon ini, usahakan sambil memijat kepala secara perlahan sampai merata. Setelah itu, diamkan selama 30 menit atau tunggu hingga rambut Anda kering. Apabila rambut Anda sudah kering, Anda tinggal membilasnya menggunakan air bersih.

Sangrai Biji Pepaya untuk Mengatasi Uban Agar Tak Tumbuh Lagi

Sebagai informasi, biji pepaya memiliki banyak pigmen dan zat melanin yang berguna untuk membuat rambut semakin hitam. Karena itu biji pepaya sangat cocok untuk mengubah rambut yang sudah memutih menjadi hitam alami.

Caranya mudah saja, Anda siapkan biji pepaya yang masih segar secukupnya untuk disangrai hingga kering. Jika sudah kering, tumbuklah biji pepaya sampai halus. Jika sudah siap, campurkan dengan beberapa sendok minyak kelapa agar sangrai biji pepaya bisa menempel pada rambut saat dioleskan. Oleskan pada rambut Anda diiringi dengan pijatan lembut, lalu diamkan selama 30 menit, terakhir bilaslah menggunakan air bersih.

Gunakan Sari Daun Rambutan Untuk Rambut Hitam Kembali

Daun rambutan berdasarkan penelitian mempunyai kandungan tanin, polifenol dan saponin yang berguna untuk meningkatkan pigmen rambut dan menghitamkan rambut.

Cara menggunakan daun rambutan ini untuk mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi, adalah dengan cara menumbuk halus daun rambutan tersebut. Jangan lupa cuci daun rambutan terlebih dahulu sebelum ditumbuk. Tambahkan sedikit air agar bisa diambil sari daun rambutan yang berwarna hijau. Jika sudah siap, oleskan daun rambutan yang sudah ditumbuk pada kepala sambil memijatnya sekitar 5 menit. Setelah itu, Anda bisa mendiamkannya sekitar 25 menit atau sampai kering, setelah itu bilas rambut dengan menggunakan air bersih.

Cara Mengatasi Uban agar Tidak Tumbuh Lagi dengan Menggunakan Minyak Kemiri

Kemiri memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan rambut. Kemiri selain membuat rambut semakin lebat, juga berkhasiat membuat rambut semakin hitam karena kandungan essensnya.

Cara menggunakan kemiri untuk mengtasi uban adalah mencampurkannya dengan satu buah lemon yang sudah diperas. Selanjutnya, hampir sama dengan langkah-langkah di atas, yaitu tinggal dioleskan pada kepala disertai pijatan lembut dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah kering, bilaslah dengan menggunakan air bersih.

Teh Basi untuk Atasi Uban

Jika Anda hobi minum teh, Anda bisa memanfaatkan teh yang sudah basi untuk merawat rambut dan menghitamkannya, kandungan antioksidan pada the ini sangat baik untuk rambut.

Cara penggunaannya cukup gampang, seduhlah teh basi dengan air panas secukupnya. Lalu diamkan selama satu malam atau dua hari dua malam. Jika sudah siap digunakan, Anda tinggal membalurkan teh basi ini pada rambut Anda secara merata. Setelah itu, diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air bersih jika rambut telah kering.

Sebagai tambahan, untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda harus melakukannya 3 kali dalam sehari. Selain itu, waktu yang ideal untuk menjalani perawatan ini, adalah selama 2 sampai 3 bulan. Jalani perawatan rambut dengan teh basi ini dalam kurun waktu tersebut, maka Anda akan mendapat hasil yang maksimal. Jika sekali atau dua kali saja, tentu rambut Anda yang beruban belum bisa teratasi secara maksimal.

Itulah cara alami dan mudah untuk mengatasi uban agar tidak tumbuh lagi. Pastikan Anda rutin merawat rambut Anda yang beruban dengan cara-cara tersebut untuk hasil yang memuaskan. Selain murah karena menggunakan bahan-bahan yang ada di sekeliling kita, cara membasmi uban ini tentu saja aman karena tidak menggunakan campuran zat-zat kimiawi apapun.