Saat mengatasi muntah pada anak, seringkali Anda sebagai orang tua akan merasa panik. Jika muntah yang berlangsung sebentar maka kemungkinan tidak berbahaya bagi anak Anda. Namun jika muntah yang dialami berkepanjangan, maka sebaiknya segera dicari tahu penyebabnya agar dapat diatasi secepat mungkin dan dengan penanganan yang benar.

Sebenarnya, muntah pada anak yang terjadi sesekali dan tidak lebih dari dua hari, termasuk hal yang masih normal. Namun, jika muntah pada anak yang terjadi selama berhari-hari, lalu frekuensinya sering dan banyak yang dimuntahkan maka Anda perlu mencermati lebih lanjut. Sebisa mungkin untuk segera memberikan pertolongan pada anak Anda.

Kemungkinan ini adalah tanda dari sebuah masalah yang serius dan memerlukan pertolongan medis secepat mungkin. Yang penting untuk diingat orang tua ketika terjadi muntah pada anak adalah terus memberi anak minum air putih. Hal ini untuk menghindari dehidrasi pada anak karena yang dimuntahkan kadang berupa cairan.

Kenali pula penyebab muntah pada anak dan penanganannya. Anda juga bisa memberikan cairan oralit pada anak Anda untuk meredakan mualnya. Takaran oralit bisa disesuaikan dengan anjuran medis dari dokter berdasarkan kondisi fisik anak. Namun, ada baiknya jika Anda jangan memaksa anak untuk minum cairan ini jika masih muntah-muntah.

Berikan oralit ini saat muntah anak Anda sudah sedikit reda. Berikan cairan oralit ini 1-2 sendok makan. Tambah jumlah cairan oralit 15 menit kemudian, menjadi sekitar 2-3 sendok makan dan tambahkan terus secara bertahap setiap 15 menit. Jika anak Anda masih saja muntah, kurangi lagi jumlah pemberian cairan oralit ini.

Muntah ini sendiri dapat disebabkan karena mungkin adanya infeksi atau gangguan pada sistem pencernaan anak. Gangguan ini bisa menyerang lambung atau usus yang membuat anak Anda muntah-muntah dan merasa mual yang luar biasa. Dengan mengetahui penyebab muntah pada anak dan cara penanganannya, Anda dapat membantu untuk menyembuhkan anak.

Anda juga dapat melihat informasi lain seputar cara mengobati muntah pada anak di Gue Sehat. Disini Anda dapat menemukan segala informasi kesehatan yang Anda butuhkan, khususnya untuk merawat anak Anda yang sedang sakit.