mpasi 8 bulan

Kalau memiliki buah hati yang masih berumur bulanan, ASI menjadi asupan gizi yang cocok mereka dapatkan agar otak dan tubuh mereka bisa berkembang dengan baik. Memang sudah menjadi kewajiban utama sebagai orang tua memberikan makanan yang sehat dan terbaik untuk anak-anaknya. Usia bayi yang berumur 8 bulan pun selain membutuhkan ASI, mereka juga harus dilengkapi dengan menu pendamping lainnya.

MPASI 8 bulan memang sudah perlu diberikan bagi bayi yang berumur 8 bulan yang mulai semakin aktif untuk bergerak. Tentu kebutuhan asupannya juga semakin banyak, apalagi sudah memasuki fase makan yang bunda tunggu-tunggu. Meski begitu, berikan menu pendamping ASI yang teksturnya halus agar gampang dicerna oleh buah hati kamu.

Sebagai makanan pendamping yang efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh, berikut pilihan MPASI 8 bulan yang pastinya bergizi dan gampang membuatnya.

1. Bubur pisang susu

Pisang merupakan buah yang bagus untuk perkembangan bayi, apalagi dikombinasikan dengan susu. Tentu gizi yang didapat akan semakin lengkap. Karena itu, berikan menu pendamping untuk bayi kamu dengan membuat bubur pisang susu yang caranya sangat gampang dilakukan.

Siapkan dulu 1 buah pisang dan jangan lupa susu formula sebanyak 150 hingga 200 ml. Lalu, haluskan pisangnya dan tambahkan susunya sedikit-sedikit. Untuk teksturnya, usahakan yang kental dan lembut agar si kecil gampang mengunyahnya.

Makanan pendamping ASI ini juga cocok diberikan di hari pertama si kecil siap menerima MPASI.

2. Bubur beras merah dicampur sayur dan daging ayam

Beras merah adalah beras yang sangat sehat dikonsumsi dan lebih bagus kandungannya daripada beras putih. Jadi tidak masalah kalau kamu mau membuat MPASI 8 bulan dengan memasak bubur beras merah yang nantinya dicampur sayur dan daging ayam. Caranya sangat gampang, tapi kamu juga harus telaten memasak berasnya agar menjadi lembut.

Untuk membuatnya tekstur berasnya halus, kamu bisa menumbuk berasnya dulu sampai bentuknya seperti tepung. Bisa juga saat memasaknya kamu memberikan perbandingan yang cukup besar, sekitar 1:9, sehingga buburnya bisa bertekstur sangat lembut.

Untuk dagingnya, berikan daging ayam yang sudah dicincang halus, sedangkan sayurnya tambahkan bayam dan wortel yang sudah dikukus, lalu dicincang halus. Ketika berasnya sudah menjadi bubur, masukan semua bahan-bahan tambahan itu ke dalamnya dan aduk rata.

Berikan pada si kecil saat masih hangat. MPASI 8 bulan ini juga cocok diberikan ketika buah hati sedang sakit karena gizi dan kandungannya yang sehat.

3. Pure jagung manis

Jagung manis bisa menjadi pilihan lain untuk membuat menu pendamping ASI bayi 8 bulan. Kamu bisa memasaknya dengan cara dibuat bubur, sehingga si kecil bisa menelannya dengan gampang.

Yang kamu butuhkan pertama yaitu jagung manis yang sudah di pipil dan susu formula yang cair. Lalu, kukus dulu jagung manisnya sampai terasa lunak dan lembutkan dulu sebelum diberikan susunya. Kalau sudah halus, kamu bisa langsung memberikan susunya sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan.

4. Bubur kentang

Sebagai sumber karbohidrat, kentang sangat dianjurkan dijadikan MPASI 8 bulan selain dari beras merah yang sudah kamu berikan. Cara memasaknya sangat simple dan gampang.

Kamu harus menyiapkan dulu kentang yang sudah dikukus dan dilumatkan dengan lembut. Kalau sudah, masukan ke dalam panci dan tuangkan susu cairnya. Masak dengan api kecil agar proteinnya tidak rusak. Aduklah sampai mendidih dan terasa kental, lalu matikan.

Sajikan dengan cincangan daun peterseli agar tubuh si kecil juga mendapatkan kesegarannya. Sajikan saat hangat, ya.

Sangat gampang dan tentunya bergizi, kan varian MPASI 8 bulan di atas? Si kecil pun akan mendapatkan asupan gizi seimbang selain dari ASI yang kamu berikan. Perkembangan sistem saraf, tulang, dan otaknya pun bisa bertumbuh dengan baik nantinya.