Cara Menghilangkan Stres yang Murah Meriah

Stres adalah dalang berbagai masalah kesehatan yang banyak dialami oleh sebagian besar masyarakat modern. Pemicu stres itu sendiri bisa bermacam-macam. Mulai dari ketidakharmonisan sebuah hubungan, faktor ekonomi, bisa juga karena tuntutan kerja, gaya hidup, dan lain-lain.

Ada banyak penyakit yang bisa dipicu oleh stres diantaranya adalah: sakit kepala, penyakit jantung atau kardiovaskular, tekanan darah tinggi, kanker, stroke, insomnia, rheumatoid arthritis, hingga obesitas.

Melihat berbagai dampak kesehatan yang bisa ditimbulkan oleh stres di atas seharusnya membuat kita menyadari akan pentingnya melakukan sesuatu yang bisa meredakan stres. Menurut para praktisi kesehatan, berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi atau menghilangkan stres.

• Tertawa
Ada banyak film-film lucu atau film komedi serta acara TV menarik seperti Tahan Tawa yang bisa kita tonton untuk meredakan stres. Hal-hal yang lucu yang bisa membuat kita terbahak-bahak tidak hanya bisa meredakan stres, melainkan juga bisa membangkitkan mood atau memberikan kita perasaan senang sehingga kita pun akan hidup lebih bahagia.

• Olahraga
Banyak orang malas olahraga karena merasa olahraga itu melelahkan, membutuhkan banyak tenaga, menyita waktu, merepotkan, dan lain-lain. Padahal, rutin berolahraga minimal 1 jam sehari atau 5 jam dalam seminggu (menurut ahli kesehatan) tidak hanya dapat membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh, melainkan juga dapat membantu meredakan stres karena ketika kita berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon “endorphin.” Yaitu sejenis hormon yang bisa bikin kita merasa senang.

• Berinteraksi
Ada banyak bentuk interaksi yang bisa kita lakukan dengan orang lain, mulai dari mengobrol, berpelukan, bersentuhan, dan lain-lain. Menurut berbagai penelitian, berinteraksi dengan orang lain bisa membantu meredakan stres. Bahkan, berpelukan dengan orang-orang yang kita sayangi bisa memberikan kebahagiaan tersendiri yang dikait-kaitkan dengan umur panjang.

Bentuk interaksi lain seperti mengobrol misalnya, ternyata bisa juga memberikan kita banyak manfaat dalam rangka meredakan stres. Berbicara dengan orang yang kita senangi atau orang-orang yang lucu, yang punya selera humor, bisa membantu kita tertawa lebih lepas.

Begitu juga ketika kita berbicara dengan orang-orang yang kita percayai, kepadanya kita bisa curhat untuk meringankan beban yang selama ini mungkin terasa begitu berat.

• Melihat pemandangan alam
Menurut penelitian, sesuatu yang alami seperti alam bisa memberikan kita kekuatan mental dan kesejahteraan fisik. Bahkan lebih dari itu, sering menatap pemandangan yang menyejukkan mata akan memberikan kita mendapat sejumlah keuntungan berupa:

– Peningkatan memori jangka pendek 
– Bermanfaat untuk memulihkan mental
– Mengurangi peradangan 
– Menjaga agar mata tetap sehat 
– Bisa meningkatkan kemampuan berkonsentrasi
– Bisa meningkatkan kreativitas dan ketajaman pikiran
– Beberapa penelitian menunjukkan bahwa alam yang indah adalah “anti kanker” alami yang bisa mencegah berbagai jenis kanker
– Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
– Mengurangi risiko kematian dini, dan lain-lain

Leave a Reply