Fungsi Obat Zinc yang Perlu Orang Tua Ketahui

Sudah sering mungkin orangtua mendengar mengenai manfaat zinc ketika bayi atau anak diare. Tapi biar lebih jelas, zinc sendiri merupakan mineral dasar yang diperlukan tubuh.

Saat anak atau bayi diare, mineral ini berkurang. Oleh karena itu, perlu konsumsi zinc untuk menggantikannya. Pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare sifatnya sangat mendesak. Karena jika tidak segera terpenuhi bisa membuat usus sulit menyerap zat makanan. Dikhawatirkan nantinya kondisi penderita diare akan makin parah jika tidak segera tertangani dengan baik.

Lebih lanjut, sebaiknya baca probiotik untuk kesehatan saluran cerna agar kamu bisa memahami kondisi saluran cerna manusia.

Nah, zinc memiliki fungsi penting agar si sakiit kondisinya bisa segera pulih. Umumnya penyakit diare akan sembuh dalam 7 hari. Tapi kalau termasuk diare kelas “berat”, durasinya bahkan bisa lebih dari 2 minggu. Oleh karena itu, kondisi penderita diare perlu dipantau terus menerus.

Bagi pasien diare akut, biasanya digunakan kombinasi probiatik dan zinc. Keduanya bisa berperan untuk mempercepat penyembuhan diare pada anak. Oleh karena itu ada kaitan antara pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare dengan probiotik untuk kesehatan saluran cerna.

Keduanya bisa bekerjasama dalam menanggulangi masalah diare yang dialami anak. Tentu untuk dosis yang tepat, perlu resep dari dokter. Setelah dokter melakukan pemeriksaan, maka akan dilakukan langkah pengobatan agar masalah diare ini bisa cepat teratasi.

Orangtua harus selalu dalam kondisi siaga ketika bayi sakity diare. Tak jarang, sakit ini juga dibarengi dengan demam tinggi. Oleh karena itu, di rumah sebaiknya selalu disediakan obat turun panas, zinc, dan oralit.

Obat turun panas digunakan ketika suhu demam anak tinggi, sedangkan zinc dan oralit untuk mengatasi masalah diare. Ada oralit khusus anak dengan aroma yang disukai anak. Bisa mencarinya di apotik terdekat untuk membelinya.

Selain ketiga obat tadi, perlu juga memiliki persediaan probiotik. Fungsinya untuk meningkatkan kadar bakteri baik pada tubuh. Kombinasi obat serta suplemen tersebut dipercaya bisa mempercepat proses penyembuhan diare anak.