Ketika tengah memasak, khususnya menggoreng, ada kalanya beberapa bahan makanan layaknya daging sering kali memercikkan minyak panas, hal ini berbahaya apalagi jika sampai melukai kulit. Segera dapatkan obat luka bakar kena minyak panas ini. Pada dasarnya kaum hawa, apalagi yang masih awam sering kali mengalami hal yang satu ini ketika sedang memasak, sehingga ada beberapa bagian tubuhnya yang pasti akan meninggalkan bekas luka. Tentunya bukan hal yang dapat disepelekan, karena kenyataannya untuk beberapa jenis luka, khususnya luka bakar ini sering kali meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.

Berikut ini diantaranya beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menangani luka bakar tersebut, agar lebih cepat sembuh dan tidak membekas kedepannya, diantaranya adalah:

  1. Segera basuh menggunakan air, alirkan air secara langsung dari keran pada area yang terbakar tersebut, sehingga dapat menurunkan suhu atau rasa panasnya, lakukan selama kurang lebih 20 menit.
  2. Jika area yang terkena luka bakar tersebut tertutup oleh pakaian, maka segeralah untuk melepaskan pakaian, jika kondisinya cukup parah, maka gunting pakaian tersebut sehingga tidak mengenai luka dan terasa semakin sakit. Begitu juga jika seandainya ada perhiasan yang dipakai pada area tersebut.
  3. Jangan pernah mengoleskan pasta gigi, mentega, kecap maupun bahan-bahan lainnya pada area tersebut, sering kali banyak yang salah kira dengan menggunakan bahan-bahan semacam ini akan mempercepat penyembuhan, padahal tidak, pemakaiannya hanya akan menimbulkan resiko infeksi bahkan meninggalkan bekas.
  4. Tutup area yang terluka tersebut dengan menggunakan penutup luka steril atau kasa jika memang seandainya diperlukan, misalnya pada tingkat keparahan luka yang tinggi.
  5. Gunakan obat luka bakar yang dijual di pasaran jika seandainya luka memang tidak begitu parah, misalnya luka-luka ringan saja, namun jika parah segeralah untuk dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat.

Itulah langkah pertolongan pertama pada luka bakar, dapatkan obatnya di Go Apotik, tersedia juga obat luka jatuh pada anak, wajib ada di rumah, apalagi untuk orang tua yang memiliki buah anak kecil.