Penggunaan salep untuk luka bakar bisa menjadi solusi untuk mengatasi luka bakar di kulit Anda, namun janganlah sembarangan. Pilih jenis salep yang sesuai dengan tingkat keparahan luka agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dan kulit Anda bisa segera sembuh dari luka tersebut.

Luka bakar sendiri ialah cedera kulit yang diakibatkan oleh paparan suhu maupun benda panas, radiasi radioaktif, listrik, maupun bahan kimia. Terdapat tiga tingkat keparahan luka bakar yang ditentukan dari daerah mana yang mengalami kerusakan jaringan kulit. Serta seberapa luas dan dalamnya luka.

Berikut ini beberapa jenis salep luka bakar dan khasiatnya:

1. Salep Bacitracin

Salep ini bisa digunakan untuk mengatasi luka bakar ringan atau luka bakar derajat 1. Mengandung antibiotik yang bermanfaat untuk menghentikan, mencegah serta mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh adanya bakteri. Pada beberapa kondisi penggunaan salep ketricin ini tidak direkomendasikan, seperti pada luka bakar yang luas.

2. Salep Mafenide Acetate

Salep ini dapat membunuh bakteri yang bisa menginfeksi luka yang terbuka. Dan mengurangi risiko bakteri yang menyebar di kulit ataupun ke aliran darah. Bermanfaat untuk mengobati luka bakar derajat 3 atau parah, apabila digunakan secara teratur sesuai dengan aturan yang diberikan oleh dokter.

3. Salep Lidah Buaya

Krim atau salep ini bisa digunakan untuk mengobati luka bakar derajat 1 dan 2, sebab mampu melancarkan sirkulasi darah. Juga menghambat pertumbuhan bakteri sastra mengandung zat anti peradangan. Tak hanya itu, salep lidah buaya juga dapat digunakan untuk obat luka operasi.

4. Salep Silver Sulfadiazine

Salep ini membantu penyembuhan luka bakar dengan menghentikan serta mencegah infeksi menyebar terhadap kulit di sekitarnya. Dapat digunakan pada luka akibat tersiram air panas, minyak panas, terkena setrika, hingga luka bakar derajat 2. Penggunaan salep ini dapat menyebabkan area kulit yang dioleskan menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Untuk itu disarankan melindungi area luka bakar dari paparan sinar matahari.

Anda dapat menggunakan bahan alami lainnya pada luka bakar, namun sebaiknya tetap jaga luka selalu bersih. Apabila luka bakar terasa menyakitkan dan melebar sebaiknya hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.