Jika Anda memiliki suatu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa konstruksi, maka pengurusan SIUJK sangatlah penting untuk dilakukan. Dalam pengurusan SIUJK, ada beberapa hal yang perlu diketahui seperti biaya pengurusan SIUJK hingga dokumen yang harus disiapkan. Jika melihat jenis jasa konstruksi yang diatur di Undang-Undang Jasa Konstruksi, setidaknya ada tiga jenis usaha jasa konstruksi. Berikut penjelasannya.

Jenis Usaha yang Masuk Bidang Jasa Konstruksi

Secara umum, ada tiga jenis usaha jasa konstruksi yang diatur di dalam Undang-Undang Jasa Konstruksi. Tiga jenis ini meliputi pekerjaan konstruksi, konsultasi terkait konstruksi, hingga gabungan dari pekerjaan dan juga konsultasi konstruksi. Biaya pengurusan SIUJK akan sangat ditentukan oleh kualifikasi dari jenis usaha apakah masuk kategori besar, sedang dan kecil.

1. Pekerjaan Konstruksi

Terkait pengerjaan konstruksi termasuk umum dan juga spesialis. Untuk sifat usaha umum memberikan layanan usaha seperti pemeliharaan, pembongkaran bangunan, pembangunan ataupun pembangunan ulang, yang dilayani dalam usaha konstruksi ini adalah bangunan berjenis sipil dan juga bangunan gedung.

Untuk sifat spesialis memberikan layanan yang khusus dari konstruksi bangunan termasuk juga fisik dan sebagainya. Usaha yang termasuk di sini adalah konstruksi khusus, menginstal, konstruksi yang dilakukan prafabrikasi, finishing bangunan. Selain itu, konstruktor juga akan melakukan penyewaan peralatan yang dibutuhkan.

2. Konsultansi Konstruksi

Untuk jenis usaha konsultansi konstruksi jika dilihat dari sifat usahanya dibagi menjadi umum serta spesialis. Untuk sifat usaha umum termasuk di dalamnya bertugas untuk mengkaji, merencanakan, merancang bangunan konstruksi, mengawasi hingga memanajemen penyelenggaraan konstruksi. Usaha yang termasuk seperti arsitektur, rekayasa terpadu, perencanaan wilayah.

Untuk sifat usaha spesialis memiliki tugas melakukan survei, analisis dan juga pengujian teknis dari konstruksi yang dilakukan. Sementara untuk usaha konstruksinya seperti konsultan ilmiah serta konsultan teknis. Kemudian juga analisis teknis serta pengujian.

3. Layanan Konstruksi Terintegrasi

Biaya pembuatan SIUJK juga dipengaruhi oleh besar tidaknya sebuah badan usaha. Untuk jenis layanan konstruksi terintegrasi memberikan jasa berupa rekayasa pengadaan, merancang bangun dan juga pelaksanaan. Untuk jenis bangunan yang dilayani meliputi bangunan sipil serta gedung biasa.

Setiap pembangunan infrastruktur meliputi jalan, gedung, fasilitas transportasi ataupun bangunan lainnya membutuhkan jasa konstruktor yang handal. Sebuah konstruktor handal akan ditentukan dari pengalaman dan juga kelengkapan berkas yang dimiliki seperti SIUJK. Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) harus dimiliki agar sebuah badan usaha kontruksi dapat menjalankan proyeknya.

Terkait biaya pengurusan SIUJK sendiri berkisar dari Rp 20an juta hingga di atas Rp 50an juta. Untuk dokumen yang dibutuhkan meliputi kartu tanda anggota (KTA), Surat Keterangan Tenaga Terampil (SKTA), Sertifikat Badan Usaha (SBU), Sertifikat Keahlian Kerja (SKA). Perlu juga adanya foto kantor dari perusahaan serta penanggung jawabnya.