Kamu Bisa Buat Film Pendek Dengan 6 Langkah Ini

Membicarakan dunia perfilman memang tidak pernah ada habisnya, karena memang hampir seluruh masyarakat di dunia menggemari paling tidak beberapa film. Hal ini juga bisa Anda lihat dengan semakin berkembangnya teknologi pendukung perfilman serta sekolah film yang tersebar di dunia serta di Indonesia. Sebenarnya cukup banyak generasi muda yang ingin menempuh pendidikan perfilman namun terganjal masalah biaya, walaupun banyak sekolah film yang menawarkan harga yang terjangkau. Berikut di bawah ini terdapat 6 langkah cerdas di dalam membuat film pendek:

Menentukan Tema Film
Sebelum membuat film pendek hal pertama yang harus dipersiapkan tentu saja adalah tema dari film pendek yang akan Anda buat. Meskipun saat ini Anda tidak bersekolah di sekolah film, namun bukan berarti bahwa Anda tidak dapat menciptakan tema yang menarik dan simple bagi film pendek yang akan Anda buat. Berpikirlah sejenak sambil mencatat hal-hal yang akan mempermudah Anda di dalam membuat tema.

Menyiapkan Segala Perlengkapan
Tentu Anda tidak akan pernah bisa membuat film tanpa adanya perlengkapanuntuk merekam gambar serta audio, seperti kamera, perangkat lunak untuk video editing, dan lain-lain. Anda tidak perlu menyiapkan perlengkapan mahal seperti yang ada di sekolah film, bahkan kini dengan smartphone pun sebenarnya Anda telah dapat mendapatkan kualitas rekaman video yang cukup berkualitas. Namun begitu, tentu hal tersebut tergantung dana yang Anda punya.

Membuat Naskah Cerita
Ketika tema film serta perlengkapan telah Anda persiapkan, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat naskah cerita. Hal ini sangat penting karenan nantinya tentu Anda akan membutuhkan dialog yang akan terjadi serta ekspresi setiap adegan yang akan diperankan oleh para aktor yang telah Anda persiapkan. Proses pembuatan naskah cerita ini memang cukup menguras pikiran, terlebih lagi apabila Anda memang ingin menciptakan sebuah film yang menarik serta berkualitas.

Memulai Proses Perekaman
Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan kualitas rekaman yang memuaskan maka Anda membutuhkan kualitas alat perekam yang sangat baik. Selain itu, Anda juga sebaiknya memiliki beberapa buah alat perekam sehingga Anda dapat merekam setiap adegan dari suatu sudut yang berbeda-beda sehingga hasil akhir nanti akan jauh lebih menarik. Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi mengenai proses perekaman ini kepada teman Anda yang memang menempuh pendidikan di seklah pilot.

Melakukan Editing
Saat ini terdapat banyak sekali perangkat lunak untuk melakukan video editing. Namun begitu, untuk mendapatkan perangkat lunak yang berkualitas Anda memang harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membeli lisensi. Untuk proses video editing ini sendiri Anda dapat belajar secara otodidak melalui berbagai macam tutorial yang terdapat di internet. Memang tidak mudah melakukan video editing, tetapi seiring waktu Anda akan menjadi lebih cerdas di dalam mengedit.

Menambah Efek Suara Atau Lagu
Memang ada beberapa jenis film tertentu yang tidak memiliki dialog percakapan bahkan juga tidak mengandung suara lagu. Akan tetapi, apabila Anda melihat bagaimana sebuah film dapat menarik justru dari efek suara serta lagulah yang menjadi penentunya. Pemilihan lagu harus sesuai dengan tema film pendek yang Anda buat. Hal yang harus Anda perhatikan adalah hak cipta dari lagu yang harus Anda perhatikan atau Anda juga diperbolehkan untuk mengarang lagu khusus untuk film pendek Anda sendiri.