Kemeja pria memiliki berbagai macam bahan, termasuk kemeja flanel. Ingin tahu informasi mengenai kelebihan dan kekurangan kemeja pria berbahan flanel ? Simak informasinya di bawah ini.

Kemeja merupakan pakaian yang biasanya banyak digunakan oleh pria. Kemeja pria identik dengan adanya kerah leher dan kancing baju. Pilihan kemeja juga bermacam-macam ada yang berlengan panjang maupun berlengan pendek. Salah satu bahan kemeja yang cukup mudah ditemukan yaitu kain flanel. Jenis kain flanel merupakan kain yang terbuat dari serat wol tanpa ditenun.

Sumber gambar: https://bajuflannel.wordpress.com/

Sebelum dikenal secara luas, mungkin kemeja berbahan flanel tak jarang disebut kemeja kumuh atau kumel. Seiring perubahan design yang modern kemeja berbahan flanel menjadi salah satu fashion pria yang cukup digemari. Kemeja flanel seringkali disalah pahami sama dengan plaid shirt atau lebih dikenal kemeja kotak-kotak. Plaid adalah kemeja dengan pola yang ditempelkan pada bahan jadi, sedangkan flanel adalah kain yang dibentuk pola.

Dari konsep pembuatan dan bahan yang digunakan sudah menunjukan bahwa keduanya berbeda. Plaid shirt biasanya dipakai untuk kegiatan formal seperti rapat atau bekerja di kantor, sedangkan kemeja flanel biasanya dipakai untuk kegiatan santai seperti hang out dengan teman ataupun aktivitas non formal lainnya. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan kemeja pria berbahan flanel dibandingkan kemeja lainnya ?

Sumber gambar: http://selina-ng.blogspot.com/2018/06/jual-kain-flanel-kotak-bandung.html

Kelebihan Kemeja Pria Berbahan Flanel

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai kelebihan kemeja pria berbahan flanel, mari simak penjelasan di bawah ini:

1. Tekstur Kain Halus

Kain flanel dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan pada serat wol hingga menghasilkan kain dengan tekstur yang halus. Kemeja flanel dengan tekstur halusnya lebih ramah terhadap kulit dan nyaman dipakai.

2. Kain Flanel Cenderung Lebih Tebal

Jika membandingkan bahan flanel dengan bahan kain lainnya, dapat dirasakan bahwa kain flanel lebih tebal. Kain flanel sendiri berasal dari serat wol yang biasa digunakan untuk bahan pembuatan jaket. Saat musim dingin, anda bisa memilih kemeja berbahan flanel untuk digunakan agar tubuh terasa lebih hangat.

3. Motif Lebih Natural

Berbeda dengan kemeja formal pada umumnya, anda bisa melihat bahwa kemeja pria berbahan flanel memiliki motif yang beragam dengan pola-pola unik. Proses pembuatan kemeja flanel ini menggunakan berbagai jenis kain hingga akhirnya membentuk pola yang unik. Hal ini menambah kesan natural pada kemeja flanel.

4. Dapat Digunakan Untuk Beragam Gaya

Kemeja flanel biasanya berlengan panjang, anda bisa membuat tampilan berbeda dengan menggulung baju bagian tangan hingga ke lengan. Anda juga bisa memvariasikan gaya lebih rapi dengan memasukkan baju ke dalam celana. Untuk menambah kesan santai anda bisa mengkombinasikan kemeja flanel dengan kaos di dalamnya.

Kekurangan Kemeja Pria Berbahan Flanel

Selain kelebihan, kemeja pria berbahan flanel ini juga memiliki kekurangan. Simak informasinya berikut ini:

1. Proses Pembuatan Sulit

Dalam upaya memperoleh kualitas yang unggul, proses pembuatan kemeja flanel cukup sulit. Hal ini dilakukan agar pada saat pencucian kemeja flanel tidak merusak serat wol. Maka perhatikan proses mencuci kemeja flanel anda karena tak mudah memproduksinya.

2. Pembuatan Membutuhkan Waktu Lama

Dibutuhkan waktu yang lama untuk bisa menghasilkan kain flanel berkualitas. Prosesnya yang sulit berdampak pada waktu yang diperlukan dan biaya yang mahal. Untuk bisa memdapatkan kemeja berbahan flanel berkualitas unggul, anda juga perlu rela mengeluarkan uang yang tak sedikit.

Demikian beberapa informasi dari kami mengenai kelebihan dan kekurangan kemeja pria berbahan flanel dibandingkan kemeja lainnya, apabila ada kesalahan dalam penulisan ini, harap berikan masukannya via komentar ya.

Informasi di atas dapat menjadi pertimbangan anda dalam menentukan pilihan kemeja untuk santai, nah bagi anda yang ingin tampil formal, cobalah menggunakan kemeja putih formal dengan tambahan jas hitam yang membuat pakaian anda terlihat formal, bagi anda yang belum mempunyai jas, anda bisa menyewanya di tempat penyewaan jas, salah satunya adalah Najifa Jas, Najifa Jas merupakan salah satu penyedia jasa sewa jas Bandung, Bekasi, dan Bogor. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih