Vitamin Kehamilan

Setelah seseorang memasuki masa kehamilan, tentu keinginan untuk menjaga kesehatan demi janin yang dikandung tentu menjadi sebuah hal yang penting bagi ibu hamil. Salah satu kunci untuk mendapatkan kehamilan yang sehat adalah dengan pola hidup yang baik. Akan tetapi, gejala-gejala seperti mual, muntah, dan makanan yang terasa tidak enak di mulut menjadi hambatannya. Sebaiknya, kondisi demikian diatasi dengan konsumsi vitamin kehamilan atau vitamin prenatal yang dapat memastikan bahwa kebutuhan gizi pada ibu dan janinnya tercukupi dengan baik.

Apakah yang dimaksud dengan vitamin prenatal? Vitamin prenatal merupakan vitamin khusus yang dirancang sebagai pemenuhan nutrisi yang meningkat seiring fase kehamilan. Vitamin prenatal sendiri mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi ibu dan janinnya. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya sangat baik bagi keduanya. Lantas, apa saja sih kegunaan atau manfaat mengonsumsi vitamin kehamilan?

1. Asam Folat dapat Mencegah Cacat Kehamilan

Nutrisi terpenting yang terkandung di dalam vitamin prenatal adalah asam folat dan vitamin B9 yang penting bagi ibu hamil dan janin. Folat berfungsi meningkatkan fungsi otak dan memainkan peran sebagai penumbuh sel baik. Ini akan meminimalisir terjadinya cacat lahir yang berhubungan dengan otak dan sumsum tulang belakang. Mengonsumsi suplemen yang mengandung asam folat dapat meminimalisir kecacatan pada bayi hingga 70 persen.

2. Tambahan Zat Besi

Zat besi berguna untuk membangun sel darah merah yang berguna membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Selama kehamilan, kebutuhan zat besi meningkat dari 18 mg ke 27 mg per harinya. Manfaat zat besi bagi ibu dan janin sendiri adalah mendukung plasenta sehat dan mempersiapkan cadangan darah selama proses kehamilan.

3. Membangun Tulang Kuat dengan Kalsium

Vitamin kehamilan mengandung kalsium dan mineral yang sangat bagus untuk pembentukan tulang. Kalsium berguna untuk menjaga kesehatan syaraf, hormon, dan membantu kontraksi otot. Sebagai pendukung vitamin prenatal, maka ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalsium sebanyak tiga porsi setiap harinya.

4. DHA Meningkatkan Kecerdasan Otak

Vitamin prenatal biasanya banyak mengandung omega 3 yang dapat meningkatkan perkembangan otak dan sistem syaraf. Otak terdiri dari hampir 60 persen lemak, maka lemak diperlukan untuk pembentukan otak. Sumber utama DHA adalah ikan.

5. Mengurangi Komplikasi Kehamilan

Vitamin prenatal tidak hanya berguna untuk mengurangi risiko cacat lahir. Akan tetapi, juga dapat mengurangi komplikasi pada proses kehamilan. Hal ini karena vitamin prenatal dapat memperbaiki kekurangan nutrisi baik dari bayi maupun sang ibu.

6. Melindungi Kesehatan Ibu Hamil

Wanita hamil biasanya lebih memprioritaskan pemenuhan nutrisi bagi bayi. Padahal tubuh ibu hamil juga memerlukannya. Karena itu vitamin kehamilan sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil demi bisa mendukung kesehatannya.

Setelah mengetahui akan pentingnya mengonsumsi vitamin kehamilan. Anda juga harus mengetahui efek samping yang telah ditimbulkan setelah mengonsumsinya. Sebagian ibu hamil mengeluhkan adanya masalah pencernaan usai mengonsumsi vitamin tersebut. Vitamin prenatal yang mengandung 30 mg zat besi memang bisa saja menyebabkan masalah pencernaan.

Sebagai solusinya, disarankan Anda mengonsumsi vitamin prenatal ini sebelum tidur atau bersamaan dengan makanan lain yang Anda konsumsi sehingga memudahkan ketika dicerna. Anda bisa juga mengakalinya dengan banyak minum air dan makan makanan berserat tinggi. Dengan begitu, masalah atau efek samping vitamin prenatal dapat teratasi dengan baik.