Pilihan Kerja Sampingan di Rumah dengan Modal Kecil

Kerja Sampingan di Rumah
Jika dilihat kembali, terdapat hal menarik yang dimiliki karyawan kantoran. Mungkin mereka memiliki gaji yang kecil, namun kebanyakan memiliki waktu luang yang besar. Apakah Anda salah satu diantaranya? Mengapa tidak menggunakan waktu luang tersebut untuk kerja sampingan di rumah? Pekerjaan ini bisa menghasilkan tambahan malah bisa menjadi rencana keuangan untuk jangka panjang nanti ketika Anda sudah pensiun dari perusahaan.

Keuntungan kerja sampingan di rumah

Memiliki pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan di rumah tentu saja memberikan banyak keuntungan. Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus mencoba peluang ini, antara lain:

  1. Peluang yang terbuka luas. Untuk melakoni kerja sampingan, Anda tidak perlu bingung. Bila Anda memiliki kreativitas yang tinggi, semua hal bisa dijadikan sebagai ladang bisnis. Pastikan usaha yang Anda buka dibutuhkan oleh banyak orang.
  2. Menghasilkan tambahan uang. Memiliki pekerjaan sampingan dapat menambah pundi-pundi tabungan serta memenuhi kebutuhan hidup.
  3. Sebagai persiapan pensiun. Sebagai pekerja swasta, Anda harus memiliki rencana pensiun. Dengan memiliki usaha sampingan, rencana tersebut akan mudah terpenuhi karena menjadi penolong ketika menginjak usia lanjut.

Ide Pekerjaan Sampingan

Kerja sampingan di rumah bisa dikatakan sebagai bisnis skala kecil. Namun dari sinilah bisnis ini dapat merangkak menjadi besar. Lantas, apa saja usaha yang bisa dilakoni? Berikut beberapa pilihannya:

Laundry kiloan
Meskipun kita berada di zaman yang serba praktis, namun masih banyak orang yang memiliki pemikiran pragmantis. Mereka lebih memilih melaundry baju dibandingkan dengan mencucinya sendiri. Inilah peluang yang bisa kita manfaatkan. Untuk memulai bisnis laundry kiloan, Anda hanya membutuhkan modal Rp 7,5 jutaan saja untuk membeli mesin cuci, mesin pengering, plastik, pewangi dan sabun.

Les privat
Pandai dalam bidang akademis atau pandai bermain alat musik? Mengapa tidak menggunakan kemampuan tersebut untuk mencari pundi-pundi rupiah? Anda bisa memulai usaha dari mendatangi murid-murid, setelah memiliki banyak murid, Anda dapat membuka tempat les di rumah, sehingga bukan Anda lagi yang keliling dari rumah ke rumah. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini hanya biaya transportasi. Sedangkan, bila sudah membuka les di rumah, Anda hanya perlu membeli papan tulis dan alat tulis.

Penerjemah
Menguasai bahasa asing? Anda bisa memanfaatkan keahlian ini dengan membuka jasa penerjemah. Pekerjaan ini bisa memberikan Anda hasil yang cukup besar. Contohnya, jika Anda memberikan tarif Rp 50 per kata, bila Anda mengerjakan 5 lembar sehari, dengan satu halaman berisi 500 kata, Anda sudah mendapatkan uang Rp 125 ribu. Modal untuk memulai usaha ini juga murah, Anda hanya tinggal menyediakan koneksi internet dan laptop.

Membuka warung kopi di rumah
Warung kopi merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki hobi mengkonsumsi minuman pahit ini. Anda bisa membuka warung kopi di malam hari, karena kebanyakan orang akan menghabiskan di malam harinya dengan nongkrong bersama dengan teman-teman di warung kopi. Untuk membuka usaha ini, Anda dapat memulainya dengan modal hanya Rp 10 jutaan. Modal tersebut untuk membeli peralatan membuat kopi, bahan baku dan meja kursi.

Menjahit pakaian
Bila Anda memiliki keterampilan menjahit, Anda dapat menggunakan keterampilan ini sebagai kerja sampingan di rumah. Saat ini banyak konveksi besar yang mencari mitra untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Anda bisa mengambil jahitan dari konveksi ini kemudian menyelesaikannya di rumah saat senggang. Untuk penghasilannya, bergantung dari banyaknya jahitan yang dapat Anda selesaikan.