Membaca review Ponpes Nurul Firdaus akan memberikan Anda informasi lebih jauh tentang pondok pesantren yang menjadi tempat rehabilitasi untuk berbagai kecanduan ini. Hal ini akan memberikan Anda informasi tambahan sebelum belajar dan menjalankan pengobatan di pondok ini.

Pondok Pesantren Nurul Firdaus adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di daerah Kabupaten Ciamis Jawa Barat ini memang sudah terkenal sebagai pondok pesantren untuk merehabilitasi para penderita kecanduan.

Review Ponpes Nurul Firdaus tentang Metode Terapi yang Digunakan

Awalnya, rehabilitasi yang dilakukan di pondok pesantren ini adalah kecanduan terhadap obat-obatan terlarang. Namun seiring dengan perkembangan jaman, dimana saat ini didominasi oleh teknologi, metode rehabilitasi yang digunakan pun terus dikembangkan.

Salah satu tujuan rehabilitasi yang dikembangkan adalah untuk mengatasi kecanduan (adiksi) terhadap gadget dan penggunaan game online. Dua hal ini memang bukanlah hal yang baru di era teknologi seperti sekarang. Namun, kedua hal ini juga bisa menurunkan kinerja otak setiap manusia.

Karena itu, ketika sesorang sudah berada pada tahap kecanduan, menjalani rehabilitasi di tempat rehabilitasi kecanduan game online Ponpes Nurul Firdaus ini menjadi metode Penyembuhan yang efektif.

Santri yang datang pun tidak hanya santri dari dalam negeri namun juga santri dari luar negeri. Berikut ini adalah beberapa review Ponpes Nurul Firdaus dari segi metode rehabilitasinya.

1. Cognitive Behaviour Therapy

Metode rehabilitasi pertama yang digunakan di pondok pesantren ini adalah dengan menggunakan metode cognitive behaviour therapy. Metode ini digunakan berdasarkan pola pikir yang dimiliki oleh orang-orang yang sedang pada tahap kecanduan.

Saat sedang mengalami ketergantungan atau kecanduan, seseorang akan cenderung mengalami pola berpikir tidak produktif bahkan mengarah ke pola pikir negatif. Karena itulah metode ini digunakan.

Metode ini akan memodifikasi pola pemikiran setiap santri yang bersifat negatif untuk diganti dengan pemikiran positif. Dengan begitu, para santri yang ketergantungan bisa lepas dari pola pikir yang merugikan tersebut.

2. Motivational Interview

Review Ponpes Nurul Firdaus selanjutnya dari segi metode rehabilitasi adalah metode motivational Interview. Metode ini digunakan sebagai salah satu metode rehabilitasi yang dianggao cocok untuk para orang dewasa muda dan remaja.

Dari metode rehabilitasi ini, setiap pengambilan keputusan yang akan dilakukan selama melakukan terapi ada di tangan para santri atau para pasien yang datang berkunjung. Dengan metode ini para santri akan dibiasakan untuk memilih antara yang baik dan buruk sendiri.

Pengambilan keputusan sendiri ini nantinya akan berpengaruh ketika sudah selesai menjalai terapi, para santri akan terbiasa menimbang dan berpikir dalam pengambilan keputusan. Hal ini karena setiap keputusan ada dampak positif dan Negatif yang harus dipertimbangkan.

3. Terapi Perilaku

Metode terapi selanjutnya adalah therapy perilaku. Terapi ini sangat membutuhkan adanya modifikasi pada lingkungan pasien untuk menurunkan motivasi apapun yang dipikirkan pasien. Biasanya motivasi pasien ini adalah motivasi untuk kembali menggunakan barang yang merugikan.

Metode ini dilakukan dengan tujuan untuk menghambat kecanduan pada para pecandu, termasuk pasien atau santri yang mengalami kacanduan game online. Metode inipun bisa dilakukan dimana saja, bahkan du rumah.

Namun, untuk menggunakan metode ini diperlukan dampingan dan bimbingan dari orang tua yang mengarahkan. Meskipun begitu, pendekatan yang digunakan juga harus tetap humanis. Tapi jika pendampingan sendiri tidak berhasil, maka jalan terakhir adalah membawa ke ponpes Nurul Firdaus.

4. Metode Rehabilitasi dengan Mendekatkan Diri kepada Allah

Tidak hanya melalui pendekatan teoretis, rehabilitasi yang dilakukan untuk mengatasi kecanduan juga dilakukan dengan menggunakan pendekatan agamis. Para santri dan pecandu, baik pecandu game online ataupun pecandu obat-obatan terlarang, akan diajak untuk terus mendekatkan diri kepada Allah.

Para santri akan diajak untuk melakukan terapi dari sudut pandang ijtihad yang merujuk pada Al-Quran dan hadits. Termasuk salah satunya adalah dengan beribadah. Para santri akan diajak menjalankan ibadah sesuai dengan tahapan yang benar, mulai dari berwudhu.

Itulah tadi sekilas review Ponpes Nurul Firdaus berkaitan dengan metode rehabilitasi yang digunakan untuk Menyembuhkan berbagai macam ketergantungan yang dialami oleh para santri yang datang ke pondok ini untuk melakukan terapi rehabilitasi.