Google bukan hanya situs pencarian terkait semua hal. Google telah mengembangkan situsnya sebagai tempat untuk memasang iklan. Caranya mudah. Namun sebelum Anda mencari tahu mengenai cara iklan di Google, sebaiknya Anda mengetahui hal-hal penting berikut ini.

Tujuan Beriklan
Masih banyak orang yang bermaksud beriklan di Google namun belum menentukan hasil akhir atau tujuan dari beriklan tersebut. Menentukan tujuan beriklan itu penting agar nantinya Anda bisa mengukur seberapa efektif cara yang Anda gunakan. Apakah sudah memenuhi target yang diinginkan atau belum.

Setiap orang memiliki tujuan tersendiri dalam mengiklankan produknya. Dalam Google Ads, tujuan ini dirangkum menjadi tiga, yaitu sebagai berikut :

1. Untuk mendapatkan lebih banyak panggilan
Tujuan pertama beriklan bisa jadi untuk mendapatkan lebih banyak panggilan telepon. Oleh karena itu, ketika Anda mulai mendaftar untuk memakai Google Ads, Anda diwajibkan mengisi nomor yang bisa dihubungi. Terlebih jika tujuan Anda adalah untuk mendapatkan lebih banyak panggilan telepon.

Panggilan telepon yang masuk diharapkan untuk memesan temu janji, menjadwalkan pekerjaan, atau menyelesaikan transaksi. Apapun itu, yang terpenting telepon yang masuk adalah urusan bisnis Anda. Jika setelah memasang iklan di Google Anda menerima semakin banyak menerima telepon urusan bisnis, berarti iklan yang Anda pasang berpengaruh signifikan.

2. Untuk mendapatkan lebih banyak kunjungan ke lokasi fisik
Tujuan yang kedua adalah untuk mendapatkan lebih banyak kunjungan ke lokasi fisik atau toko. Biasanya ini menjadi tujuan beriklan dari para pemilik usaha tempat makan, cafe, dan usaha-usaha sejenis yang bergantung pada kunjungan pelanggan.

Keberhasilan bisnis Anda tergantung dari seberapa banyak orang yang datang. Jika memang demikian, Anda sebaiknya memilih ini sebagai tujuan Anda beriklan di Google.

3. Untuk mendapatkan lebih banyak penjualan atau pendaftaran situs
Tujuan yang ketiga adalah untuk mendapatkan lebih banyak penjualan atau pendaftaran situs. Ini bisa digunakan oleh Anda yang memiliki usaha tapi tidak memiliki toko fisik. Karena tidak ada toko fisik yang dikunjungi, maka Anda mengarahkan calon konsumen untuk mengunjungi toko online Anda.

Anggaran Iklan
Dalam tata cara iklan di Google, Anda akan menemui tahap anggaran. Ya, beriklan di Google tentu saja tidak gratis. Ada biaya yang harus Anda keluarkan. Semakin mahal biayanya, semakin mungkin iklan Anda muncul laman Google dan menyingkirkan iklan serupa dari pesaing-pesaing Anda. Namun jika Anda memilih biaya yang paling murah, kemungkinan yang terjadi adalah sebaliknya. Berapapun biayanya, Anda yang menentukannya sendiri.
Yang perlu Anda tahu mengenai anggaran dalam Google Ads adalah sebagai berikut :

1. Anggaran bulanan tidak akan melebihi batas maksimal anggaran yang sudah dihitung.

2. Anda bisa memulai, menghentikan, atau menjeda Google Ads kapanpun Anda mau karena beriklan di Google tidak perlu dilakukan dengan komitmen jangka panjang.

3. Jumlah yang Anda bayarkan sesuai dengan jumlah klik pada iklan yang Anda pasang. Semakin banyak klik, semakin mahal pula biayanya. Dengan begitu, Anda tidak akan merugi karena yang Anda bayarkan sesuai dengan hasilnya.
Nah, itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui dalam tata cara iklan di Google. Beriklan di Google bukanlah hal yang sulit. Selama Anda memiliki akun Gmail, Anda sudah bisa memulai mendaftar untuk memasang iklan. Terlebih, anggarannya terbilang lebih murah dibanding beriklan di tempat lain