Baik untuk liburan atau keperluan lainnya, mobil seringkali menjadi pilihan transportasi banyak orang. Karena Anda bisa “suka-suka”. Anda bisa tentukan destinasi dan waktu yang sesuai, dan Anda bisa mengajak orang-orang terdekat Anda. Namun, bagi Anda yang belum memiliki kendaraan untuk bepergian bersama, tidak perlu khawatir. Banyak penyedia jasa sewa mobil di sekitar Anda. Terlebih jika Anda ingin sewa mobil di Jogja, Jakarta, Bandung dan kota-kota besar lainnya, Anda tidak akan kesulitan menemukan rental mobil di sana.

Apa yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyewa Mobil?

Tentukan Kebutuhan

Apa tujuan Anda menyewa mobil? Berapa orang muatannya? Kemana destinasi Anda? Hal-hal ini harus Anda ketahui sebelum menyewa mobil. Tujuannya agar ketika Anda mengunjungi rental, Anda sudah memiliki bayangan tipe mobil yang Anda inginkan.

Pilih Mobil yang Sesuai Kebutuhan

Jika Anda sudah mengetahui kebutuhan Anda, maka kini saatnya memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari kapasitas muatan, beserta spesifikasi dan performanya. Jika destinasi Anda adalah perkotaan, maka mobil yang Anda pilih tentu tidak sama dengan destinasi pegunungan atau daerah terjal.

Pilih Rental Terpercaya

Setelah Anda mengetahui tipe mobil yang Anda butuhkan, maka langkah berikutnya adalah memilih rental. Untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, memilih rental pun harus hati-hati. Sebaiknya pilih rental yang memiliki banyak testimoni positif dari konsumen dan memiliki kontak yang jelas untuk dihubungi.

Perhatikan Kondisi Mobil

Sudah mantap memilih mobil? Ada baiknya Anda cek terlebih dahulu kondisi mobil sebelum menyewa. Cek eksterior dan interiornya. Periksa mesin, ban, rem, accu, AC, kopling (jika transmisi manual) dan lainnya. Pastikan mobil dalam kondisi prima.

Tanyakan Tarif Sewa

Hal yang juga perlu Anda cermati adalah harga sewa. Apakah harga yang disepakati sudah termasuk bahan bakar, dan lainnya. Pastikan semuanya jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Tanyakan Syarat dan Ketentuan Sewa

Tiap rental memiliki perjanjian sewa masing-masing. Maka sebaiknya Anda perhatikan dengan seksama perjanjian sewa tersebut, guna menghindari miskomunikasi atau hal-hal lainnya yang tidak diinginkan.

Tanyakan Tentang “Lepas Kunci”

Biasanya rental memberikan opsi lepas kunci kepada penyewa. Jika Anda memilih lepas kunci, berarti Anda bisa membawa sendiri mobil tersebut tanpa didampingi supir.

Pastikan Ada Kontak yang Dapat Dihubungi

Ini juga penting diketahui, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Atau setidaknya jika sewaktu-waktu ada yang ingin Anda tanyakan, Anda bisa dengan mudah mengontak pihak rental.

Demikian 8 tips dan trik yang bisa Anda coba sebelum menyewa mobil. Sebaiknya Anda mencari tahu dan membooking sejak jauh-jauh hari. Misalnya jika Anda ingin liburan ke Denpasar 4 bulan lagi, mulailah mencari rental mobil di sekitar Denpasar dari sekarang. Atau jika Anda berencana liburan ke Jogja dalam waktu dekat, Anda bisa mulai mencari tempat sewa mobil di Jogja dari sekarang, agar tidak tergesa-gesa nantinya.