Tips Ampuh Membeli Laptop di Toko Komputer Online Agar Tidak Tertipu

Beli Laptop di Toko Komputer Online

Perkembangan teknologi yang kini semakin pesat, berdampak pada meningkatkan minat para penjual memasarkan produknya secara online. Sama halnya bagi konsumen yang merasa semakin mudah dalam melakukan pembelian barang karena mereka bisa leluasa memilih atau menentukan barang yang lebih bagus dengan harga yang lebih terjangkau. Begitupun saat Anda membeli laptop. Dengan kemudahan tersebut, maka membeli laptop pun tidak perlu datang langsung ke toko komputer, karena Anda dapat membeli laptop yang diinginkan melalui toko online yang kini sudah banyak tersedia di internet.

Pertimbangan Dan Tips Membeli Laptop

Semakin maraknya belanja online, membuat banyak oknum memanfaatkan momen ini untuk mencari keuntungan pribadi yang bahkan bisa merugikan pembeli maupun penjual. Oleh sebab itu, agar Anda terhindar dari penipuan yang berkedok toko online, Anda perlu menyimak beberapa tips yang akan dibahas dalam ulasan ini. Namun, sebelum itu ada baiknya Anda memperhatikan beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli laptop di toko komputer berbasis online. Pertimbangan seperti apa yang mesti dilakukan? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Ketika membeli laptop, sebaiknya Anda mengetahui dulu alasan mengapa Anda membutuhkan perangkat ini. Utamakan Anda membelinya untuk kepentingan pekerjaan atau untuk kebutuhan kuliah, karena buat apa membeli laptop jika hanya untuk dipajang dan tidak pernah digunakan atau bahkan belum bisa mengoperasikannya

2. Dalam memilih laptop, jangan bernafsu memiliki laptop merek istimewa jika hanya digunakan sebagai alat ketik atau hiburan semata. Sebaiknya pilih tipe laptop sesuai dengan kebutuhan.

3. Selain disesuaikan dengan kebutuhan, Anda juga harus menyesuaikannya dengan budget serta spesifikasi yang Anda perlukan.

4. Sebelum memutuskan membeli dan bertransaksi, alangkah baiknya jika Anda sudah mengetahui review spek serta harga laptop di toko lainnya. Lakukan perbandingan dengan produk lainnya dan jangan terpaku pada satu produk saja.

5. Terakhir, Anda juga bisa melakukan konsultasi pada teman yang lebih banyak mengetahui seputar dunia IT sebelum memutuskan akan membeli laptop seperti apa.

Tips Membeli Laptop Via Online Shop

Setelah melakukan pertimbangan tersebut, selanjutnya Anda bisa menyimak tips membeli laptop di toko komputer berbasis online di bawah ini:

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan website toko online secara seksama. Jika menemukan kejanggalan dalam situs tersebut, langsung skip saja dan cari situs yang lebih terpercaya. Misalnya website yang menampilkan testimoni para pelanggannya. Namun, Anda juga harus berhati-hati karena ada sebagian testimonial yang dibuat sendiri oleh pihak toko tersebut.

2. Jangan pernah tergoda dengan barang Black Market (BM) hanya karena harga yang ditawarkan sangatlah murah. Terlebih lagi jika barang tersebut diskon diskon 25% sampai 50% karena sudah jelas itu adalah penipuan. Hampir semua penjual barang Black Market adalah penipu. Selain itu, membeli barang Black Market juga tidak akan menguntungkan Anda karena produk tersebut tidak memiliki garansi.

3. Jangan mudah percaya jika produk tersebut ditawarkan melalui pesan singkat, baik itu via BBM, FB atau tiwtter dengan menyertakan list produk harga yang lebih murah melebihi banyak dari harga pasaran.

4. Pastikan Anda menanyakan alamat toko komputer tersebut dan sebaiknya hindari toko yang beralamat atau berdomisili di luar pulau atau kota tempat Anda tinggal.

5. Untuk lebih memastikan apakah toko tersebut terpecaya, periksa data penjual melalui Google, dengan memasukkan alamat website + penipu, alamat toko online/penjual + penipu atau Nomor HandPhone + penipu. Selain itu, hindari juga penjual yang hanya menggunakan nomor ponsel, karena biasanya toko online resmi menggunakan nomor telepon dengan kode area seperti 021, 022 dan lainnya.

6. Agar lebih aman lagi, Anda bisa memilih website toko online marketplace yang kini sudah banyak di internet, karena marketplace online tersebut menggunakan transaksi dengan metode escrow.