Tips Membeli Mobil Second yang Bagus dan Berkualitas

Membeli mobil bekas merupakan cara untuk mendapatkan mobil dengan harga yang lebih murah. Hal ini sering dilakukan oleh orang untuk mensiasati harga mobil yang masih tergolong mahal. Hanya saja ketidaktelitian saat pembelian seringkali membuat anda memilih mobil yang salah dan tidak bagus performa mesinnya. Penjual yang tidak bertanggung jawab juga sering memanfaatkan ketidaktahuan pembeli dengan menawarkan mobil dengan kualitas yang tidak baik namun dengan harga yang lebih mahal. Untuk itu sebelum memutuskan mencari mobil bekas, berikut ulasan mengenai tips membeli mobil second yang bagus dan berkualitas.

1. Pemilihan Tempat

Pemilihan tempat yang tepat mempengaruhi mobil bekas yang akan anda dapatkan, baik segi harga maupun kualitasnya. Ada beberapa pilihan tempat yang bisa anda coba seperti showroom, lewat perantara maupun langsung dari tangan pertama. Masing-masing pilihan pasti memiliki positif dan negatifnya. Anda dapat menemukan lebih banyak pilihan mobil jika memilih di showroom. Namun harga yang ditawarkan di showroom tentunya sedikit lebih tinggi dibandingkan membeli langsung. Jika lewat perantara, umumnya harga mobil yang ditawarkan akan sedikit lebih tinggi. Membeli dari tangan pertama bisanya dapat membuat anda memperoleh harga yang lebih murah. Anda juga akan lebih mudah untuk bertanya tentang sejarah mobil tersebut.

2. Performa Mesin

Tips membeli mobil second yang kedua dan yang paling penting adalah mengetes performa mesin mobil. Anda harus melakukan pengecekan dari mulai menyalakan mobil hingga mobil berhenti dan terparkir sempurna. Untuk itu menjadi sebuah persyaratan utama adalah melakukan test drive mobil ketika akan membelinya. Sebaiknya anda melakukan test drive bersama penjual agar si penjual juga mengetahui kondisi mobilnya. Pengecekan dimulai dari menyalakan mesin mobil kemudian perhatikan apakah bunyi mesin yang terdengar halus atau tidak. Ciri mobil yang bagus adalah mudah dinyalakan. Selain itu pastikan oper gigi dapat dilakukan dengan lancar. Anda dapat mencoba melewati jalanan yang sedikit menanjak dan kurang rata untuk mengecek kondisi kaki mobil dan ketahanan mesinnya.

3. Periksa Bagian Luar Mobil

Selain pengecekan performa mesin, tips membeli mobil second yang ketiga adalah memeriksa bagian luar mobil. Bagian eksterior mobil merupakan bagian yang tidak kalah penting untuk diamati. Anda dapat mengamati mulai dari bodi mobil seperti catnya, ada tidaknya goresan atau kerusakan. Amati juga kondisi keempat bannya. Pastikan kondisi bannya masih baik dan tidak aus. Pastikan pula kondisi lampu, apakah masih menyala dengan baik atau malah sudah tidak menyala lagi dan pecah.

4. Periksa Kelengkapan Surat

Saat melakukan pengecekan mesin mobil, anda juga sebaiknya menanyakan kelengkapan surat-surat meliputi BKPB dan STNK yang asli. Periksa dengan teliti keaslian surat-surat tersebut karena saat ini banyak beredar surat berharga palsu. Pastikan pula nama yang tertera pada surat tersebut, apakah nama asli pemiliknya atau nama orang lain. Hal ini penting untuk urusan balik nama nanti.

5. Cek Fisik

Pengecekan fisik merupakan tips membeli mobil second untuk memastikan informasi yang tertera di surat-surat sesuai dengan kondisi aslinya. Anda dapat melakukan pengecekan fisik di kantor Samsat. Mintalah izin kepada penjual untuk dilakukan tes fisik pada mobilnya. Pemilik biasanya juga akan mengizinkan anda melakukan tes fisik pada mobilnya jika anda sudah yakin akan membeli.

Semoga berbagai macam tips di atas dapat membantu Anda melakukan pemilihan yang berkualitas dan harga mobil second yang sesuai dengan budget.