Keberadaan SSL bagi sebuah website kini semakin disadari kebutuhannya. Pasalnya, semakin tingginya aktivitas pencurian data oleh orang yang tidak bertanggung jawab membuat pengamanan data di dalam website tentu harus diperketat. Salah satu cara untuk mengamankan website Anda dari upaya pencurian adalah dengan menggunakan sertifikat SSL Indonesia.

SSL sendiri kini banyak digunakan untuk berbagai transaksi dan aktivitas digital seperti transaksi menggunakan kartu kredit, input data pribadi hingga login. Bahkan, kini SSL menjadi salah satu protocol penting dalam melakukan proteksi situs untuk browsing media sosial. SSL sendiri melakukan pekerjaannya secara digital untuk kemudian menenkripsi data di dalam website sehingga hacker yang meretas website Anda tidak mampu menerjemahkan data tersebut.

Berbagai Jenis SSL yang Bisa Dipilih

1. SSL Single Domain

Salah satu jenis SSL yang banyak digunakan untuk memproteksi satu situs dalam satu buah domain saja. SSL Single Domain hanya dapat digunakan untuk domain utama atau juga sebuah sub domain saja. Karena hanya diterapkan dalam satu domain utama atau satu sub domain saja, maka pengguna SSL Single Domain harus menentukan dengan tepat dimanakah ia akan memasang SSL ini. Oleh karena itu SSL Single Domain cocok diterapkan pada pemilik website yang hanya menjalankan satu situs saja.

2. SSL Greenbar

SSL Greenbar membuat nama perusahaan atau entitas tertentu muncul di bagian depan protocol https. Dengan munculnya nama perusahaan di bagian depan dari protocol https dimana pengunjung bisa melihatnya langsung di link bar, maka hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pengunjungnya.

Untuk menggunakan SSL Greenbar, maka akan lebih banyak proses pengajuan yang harus dilalui entitas perusahaan atau organisasi tersebut. Untuk dapat memperoleh SSL Greenbar, maka perusahaan harus sudah memiliki legalitas usaha atau disebut SIUP, terdaftar di website ahu.go.id dan juga yellowpages.co.id.

3. SSL Wildcard Domain

SSL Wildcard Domain bisa dikatakan merupakan jenis SSL terbaik yang dapat dipilih oleh pemilik website yang menjalankan berbagai sub domain sekaligus di dalamnya. Hal ini dikarenakan SSL Wildcard Domain dapat tidak hanya melindungi main domain namun juga beberapa sub domain di dalamnya. Anda pun dapat dengan tenang memasang SSL ini dalam satu main domain yang kemudian akan melindungi berbagai sub domain di dalamnya.

Mendapatkan SSL yang Terbaik

Di pasaran sendiri terdapat berbagai SSL yang tersedia mulai dari SSL gratis, SSL berbayar dari mulai SSL murah ataupun berbiaya cukup mahal. Untuk pengamanan yang lebih Anda sebaiknya menggunakan SSL yang berbayar. SSL berbayar sendiri sangat tepat digunakan oleh suatu organisasi ataupun perusahaan besar yang perlu pengamanan data dan informasi lebih tinggi.

Keberadaan SSL Indonesia sudah tidak dapat dihindari sangatlah penting agar data dapat diamankan secara maksimal. Mengenai pilihan berbayar atau tidak itu bergantung dari setiap kebutuhan.